" Untaian makna sebuah proses "



Sumber Gambar : Miltain.com


Oleh :Afrian Lamato

Proses merupakan suatu yang sistematis dan merupakan tahapan untuk menuju sesuatu yang pasti. Tapi, jika itu dilakukan dengan penuh upaya dan usaha. Kalau hanya malah duduk diam dalam fase proses yang telah ia mulai Sedikit kemungkinan jika ia bisa berhasil dalam menggapai tujuannya itu.

Jika melihat usaha di kalangan pemuda yang tengah berusaha merubah perilaku pribadi dalam kehidupan Sehari-hari dari yang buruk menjadi lebih baik. Dalam pandangan agama islam hal Ini disebut sebagai hijrah, lalu menempuh jenanjang istiqomah yaitu mempertahankan hasil sebuah proses, dalam hal ini pasti dibutuhkannya proses yang tidak instan.

Akan tetapi, untuk menuju hasil sebuah proses tak sedikit hal buruk berupa cobaan dan tantangan. kebiasaan sperti meninggalkan sholat, pergaulan bebas, cara berpakaian yang tidak sesuai kaidah agama, dan berpacaran. Itulah yang akan menjadi tantangan bagi kaum muda dalam melangkah melakukan proses menuju lebih baik (hijrah).

Proses hijrah ini tentu akan terasa sedikit sulit bagi seorang yang dalam kehidupanya terlalu terbiasa dalam mengaplikasikan budaya barat. Tapi, jika mereka memulai hidup baru dengan berpindah tempat, dari zona buruk ke zona yang lebih baik. Kemudian terus berupayah menempuh suatu tujuan dengan proses-proses yang sesuai dengan kaidah yang ada, maka hal buruk itu pasti akan hilang dan itu akan terasa lebih mudah.

Sedikit rumit bagi mereka yang tidak serius dengan proses ini dengan memantaskan diri untuk menjadi baik dan sibuk mempertahankan iman dari godaan syahwat lawan jenis. Merupakan sebuah tantangan yang cukup berat sebenarnya. Tapi jika mereka menikmati prosesnya hijrah, mungkin itu semua akan lebih mudah dari sebelumnya.

Tapi perihal ini, tak banyak pemuda yang ada di setiap pelosok negeri yang melakukannya, entah mereka terlalu asyik dengan kebiasaan mereka. Perkenalan, dekat, jadian, pertengkaran, berpisah, sakit hati, lalu menyesalinya. Entah kenapa mereka tidak bosan dengan hal itu bahkan mereka selalu mengulangi kebiasaan ini. Mungkin mereka terlalu nyaman dengan proses ini yang berlangsung begitu-begitu saja.

Dengan proses hijrahnya sosok pemuda, tak di pungkiri pasti kesehariannya selalu dengan aktivitas ibadah. Proses ini juga akan memicu terbentuknya akhlak baik dari sosok pemuda itu. Hal ini mungkin tidak terlalu rumit bagi sosok pemuda itu. Jika saja dia tetap menikmati proses hijrahnya.

Jika sudah dalam fase ini maka bertahanlah, kemudian terus nikmati indahnya dan rumitnya proses ini. Percayalah hal yang di awali dengan niat dan perbuatan baik akan menghasilkan sesuatu yang baik pula. Entah itu di dunia atau di akhirat. Kita berdoa dan berikhtiar saja.

Lantas bagaimana jika anda menemui seorang yang sedang berusaha untuk menuju tujuannya dengan proses yang tidak instan kemudian selalu mendapatkan kesulitan. Apakah anda harus menceramahinya dengan selalu menekankan bahwa ia harus menikmati proses agar dia tidak merasa putus asa dan menyesali kesalahannya karena membiarkan dirinya terjebak dengan kesulitan-kesulitan yang ada. Atau malah membiarkan dia terjebak dalam tujuannya yang penuh dengan kesulitan yang sebenarnya bisa dia lewati, tapi butuh usaha yang tak mudah.

Ayolah ini adalah sebuah proses dari tujuan seseorang yang tidak mudah. Jika pertanyaan itu pernah terlafaskan dari orang lain untuk saya. Maka saya akan menjawab. "Saya akan membantunya. Tapi, dia juga harus melawan kesulitan itu dengan menikmati sebuah proses".

Durian, 2020
*Afrian Lamato, seorang pemuda yang tengah berusaha  berikhtiar belajar ihwal kaidah agama yang di ridhoi Tuhan yang Maha Esa bersama Ikatan Pelajar Muhammadiyah.

Editor: Agum




Previous Post Next Post