"Hampir Bernasib Sama dengan Dinosaurus Gerakan Membacapun Menuju kepunahan"


Sumber gambar : www.thoughtco.com

Oleh :Afrian Lamato

Salah satu hal yang sudah hilang padahal dianggap penting yaitu masyarakat sudah tidak lagi peduli dengan sesuatu yang bersifat literasi, ini dipandang sangat rugi ketika masyarakat tidak lagi membaca. Hal ini mestinya kita lestarikan dan kita terapkan dalam kehidupan Sehari-hari. Dan itu harus. Bahkan, Umat islam sudah diperintahkan sejak ribuan tahun yang lalu. Dengan turunnya ayat pertama kepada Nabi Muhammad SAW, dengan bunyi "Iqro" artinya bacalah (Q>S Al-Alaq) maka sudah semestinya umat islam tidak boleh memandang remeh hal ini, karena membaca merupakan perintah pertama ilahi Rabb kepada rasulullah untuk di sebarkan kepada umat akhir zaman.

Membaca adalah kegiatan meresepsi, menganalisis, dan menginterpretasi yang dilakukan oleh pembaca untuk memperoleh pesan yang hendak disampaikan oleh penulis dalam media tulisan. Yang juga merupakan aktivitas yang sudah tidak asing lagi bila kita mendengarnya, karena hal ini sudah kita temui pada saat kita duduk di bangku sekolah SD.

Walau pada waktu itu kita hanya di perintah untuk membaca tulisan-tulisan pendek saja. Akan tetapi menurut saya itulah teknik dan strategi khusus dari guru sekolah dasar (SD), agar nantinya di jenjang pendidikan yang lebih tinggi, kita tidak lagi merasa bosan untuk membaca.

Membaca merupakan jembatan kita menuju segudang ilmu. Memang itu benar adanya, karena dalam hal ini kita akan banyak mendapat pelajaran dan ilmu yang bahkan kita tidak dapati saat kita belajar di bangku pendidikan formal  kegiatan baca membaca bisa kita lakukan menggunakan media cetak, ataupun media online. Banyak sekali teknologi saat ini yang mempermudah kita untuk membaca, apalagi dengan adanya smartphone.

Jangan pernah bosan untuk membaca, bosan itu hanya bersifat sementara. Sedangkan jika anda terus membaca, maka akan sangat berfungsi dan memengaruhi anda dalam menjalankan aktivitas pribadi maupun sosial masyarakat. membaca harus menjadi salah satu aktivitas memang harus diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari dan perlu kita sebarkan, sosialisasikan,kampanyekan kepada masyarakat luas dan mesti kita lestarikan.

Durian, 2020
 *Afrian Lamato, seorang pelajar yang tengah berikhtiar belajar ihwal sophia.

Edit : Agum

Previous Post Next Post